Teknik Pemangkasan Daun Flora Tomat

Bila dibiarkan, daun tumbuhan tomat sanggup menutupi buah dari sinar matahari dan zat-zat yang disemprotkan menyerupai zat buah,bunga dan pestisida. Selain itu daun tomat yang terlalu lebat niscaya akan menghalangi kita dikala ingin menyiram dan juga mencor pupuk ke tumbuhan tomat tersebut. Bila hal ini terjadi, otomatis pertumbuhan dan hasil buah yang kita inginkan tidak akan tercapai secara maksimal. Oleh lantaran itu, dalam budidaya tumbuhan tomat dikenal istilah pemangkasan daun tumbuhan tomat. Berikut ini teknik yang biasa dilakukan dalam memangkas daun tomat.
 daun tumbuhan tomat sanggup menutupi buah dari sinar matahari dan zat Teknik Pemangkasan Daun Tanaman Tomat


Pada dasarnya hanya tiga jenis daun yang perlu dipangkas pada tumbuhan tomat, yakni:
  1. Daun bau tanah dan menjuntai hingga ke media tanam. Ini harus disingkirkan, lantaran mengganggu kita dalam melaksanakan pemupukan (baik sistem cor maupun sistem tabur). Selain itu daun yang menjuntai akan mempermudah larva hama tanaman mencapai buah, bunga dan pucuk tumbuhan tomat. Oleh lantaran itu daun yang menjuntai hingga ke permukaan tanah harus dipotong/ digunting (dipangkas).
  2. Daun yang menutupi buah tomat, ini juga harus segera dipotong. Daun yang menaungi buah tomat akan mengganggu kita dalam proses penyemprotan zat buah, bunga dan pestisida (insektisida/ fungisida), sehingga proses pengembangan buah akan terhambat begitu juga dengan proses pembasmian hama tumbuhan tomat.
  3. Tunas gres di sela-sela batang tomat, pertambahan tunas gres pada batang tomat akan memecah konsentrasi penyebaran zat/ unsur hara yang kita berikan melalui pemupukan ataupun penyemprotan. Semakin banyak tunas gres di antara batang tomat akan semakin mengurangi unsur hara tersebut sanggup ditransportasikan ke buah produktif. Dalam menanam tomat, kita hanya akan memanen 1 periode tanam saja, berbeda menyerupai menanam jeruk atau apel dimana kita akan memeliharanya hingga bertahun-tahun.  Oleh lantaran itu jangan pernah ragu membuang setiap tunas gres yang muncul di sela-sela pangkal daun tomat.

     Tenknik pemangkasan daun tomat:
    1. Gunakan alat pemotong daun menyerupai gunting tanaman, biasanya di pertanian tomat hanya memakai pisau silet yang diikat di ujung bambu.
    2. Pangkas semua daun bau tanah (ujung-ujungnya mulai menguning)
    3. Potong daun dari pangkalnya, tapi jangan melukai batang utama.
    4. Untuk memotong tunas-tunas gres tumbuhan tomat cukuk dipetik (diputus) saja dengan tangan.
    5. Perhatikan cabang batang utama, jikalau ada cabang batang yang tidak mempunyai bunga maka potong saja cabang tersebut, lantaran hingga usai periode tanam cabang tersebut tiak akan menunjukkan buah. 



    Itulah selengkapnya cara memangkas daun tomat (menggunting daun tomat) yang biasa diterapkan di kawasan pertanian menyerupai kampung saya. Cara ini sudah diterapkan bebuyutan oleh setiap petani tomat di kawasan Kabupaten Karo, semoga bermanfaat. Cukup singkat, semoga gampang dipahami, jikalau kurang terang silahkan tanyakan melalui form mail dibawah ini. baca juga cara menanam cabai di polybag di sini

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

    Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

    Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar