Cara Menyemai Biji Cabai Cepat Bertunas

Cara penyemaian biar cepat bertunas mungkin tidak terlalu penting untuk dibahas, lantaran intinya masa tumbuh cabai sangatlah cepat, hari ini disemai besok sudah bertunas. Namun demikian untuk menabah wawasan kita yang sama-sama berguru dalam teknik pembibitan maka tidak ada salahnya kita lihat sedikit cara menyemai biji cabai ini. Secara umum semai biji cabai adalah, tabur benih diatas tanah kemudian tutup dengan lapisan tipis humus, siram dengan air hingga kelembapan 40 – 60% dan hindarkan dari sinar matahari langsung. Dengan teknik tersebut paling usang 3 hari semua biji  sudah bertunas.

Cara penyemaian biar cepat bertunas mungkin tidak terlalu penting  untuk dibahas Cara menyemai biji cabai cepat bertunas
Pertanyaan usil; apa ada cara biar biji cabai bertunas lebih cepat lagi? tentu saja ada, berikut caranya (cara ini sanggup diterapkan untuk uji coba saja/ sekedar menanam cabai dalam pot di halaman rumah), bukan untuk budidaya:
  1. Siapkan biji cabai merah keriting, rawit atau paprika. Diambil dari buah yang matang sempurna, rendam dalam air dan pilih biji yang karam saja, pilihlah biji terlihat penuh berisi (paling besar)
  2. Siapkan wadah plasting (ex; wadah air mineral gelas), lubangi cuilan bawah
  3. Ambil kapas kemudian masukkan kedalam wadah plastik tersebut.
  4. Siram dengan air hingga kelembapan 60% (kapas berair tapi kalau wadah diangkat tidak ada terjadi tetesan air)
  5. letakkan biji cabai pilihan tadi diatas kapas
  6. letakkan di daerah teduk tanpa ada sinar matahari
  7. keesokan harinya lihat, biji cabai sudah mulai bertunas.



Sebenarnya cara menyerupai ini umum dilakukan untuk menyemai bunga dan bibit buah-buahan yang dijual di pasaran. Tekni ini juga banyak diterapkan dalam melaksanakan penelitian ilmiah wacana pertumbuhan tumbuhan biji lantaran sanggup menyingkat waktu. Apakah ada kelemahan dalam tenik menyemai biji cabai menyerupai ini? kalau berdasarkan saya pribadi, ya ada kekurangan; dari beberapa kali hasil uji coba biasanya akan didapatkan bibit hasil semai biji cabai yang lemah dan cenderung gagal berkembang di media tanam budidaya. Cara semai cabai cepat bertunas ini sudah saya cobakan dari bibit yang dibeli dalam kemasan beserta pot plastiknya, dan alhasil kurang memuaskan. Untuk hasi lebih memuaskan tetap saja pada cara menyemai cabai tradisional (tabur benih di tanah kemudian tutup dengan humus).



Itulah sebabnya mengapa diawal saya sampaikan bahwa cara semai cabai menyerupai ini jangan dilakukan untuk acara budidaya komersial, kalau mau sekedar coba-coba silahkan saja. Selain untuk menyemai biji cabai cara ini juga sanggup digunakan untuk tomat, paprika, terong dan tumbuhan biji lain. Bahan jikalau dilakukan untuk pangkal batang sawi yang dibeli di pasar juga bisa, kita akan mendapat bibit sawi siap tanam dalam waktu singkat, kalau diterapkan untuk sawi, kol dan wortel alhasil cukup tidak mengecewakan bagus. Cara cepat bertunas menyerupai ini, pada uji coba terlihat sawi sanggup tumbuh normal walaupun tetap dengan walaupun tetap dengan tunjangan pemupukan zat daun. Kesimpulannya; cabai cepat bertunas belum tentu menghasilkan tumbuhan yang baik dan layak budidaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar