Supaya Tanaman Bunga Mawar Cepat Tumbuh

Cara terbaik menanam bunga mawar ialah dengan stek dari tumbuhan induk yang berbunga besar dan tebal. Stek itu sendiri mempunyai banyak kekurangan, dimana sering sekali stek batang mawar tidak menumbuhkan akar. Jika akar tidak tumbuh dalam waktu tertentu maka batang secara perlahan akan mengering dan hasilnya menjadi seoonggok ranting kering. Kasus ibarat ini sering terjadi pada kita yang menanam bunga mawar seadanya saja (potong batang kemudian tancapkan ke pot/ polybag).

Cara sederhana seadanya tersebut bekerjsama sanggup saja berhasil, tapi untuk tempat dataran rendah dan perkotaan, cara tersebut cenderung gagal. Hal ini lantaran tingkat kelembaban udara sangat rendah serta suhu lingkungan terlalu tinggi sehingga mempercepat proses pengeringan batang mawar. Berbeda halnya bila kita menanam di pedesaan atau dataran tinggi, suhu lingkungan cukup rendah dan kelembaban cukup tinggi.

Untuk itu supaya tumbuhan mawar gampang tumbuh, sebaiknya lakukan langkah berikut pada ketika menanam:

  1. Pilih batang mawar yang cukup tua, kulit batang tidak lagi berwarna hijau muda tapi hijau renta atau kecoklatan.
  2. Jangan pilih cabang yang sedang berbunga, lantaran kepingan cabang tersebut biasanya kekurangan nutrisi cadangan masakan alasannya ialah telah diserab oleh bunga. 
  3. Potong batang, minimal terdapat 3 buku pertumbuhan daun, bekerjsama satu saja juga sanggup sih tapi jikalau mau lebih niscaya kita minimalkan 3 saja.
  4. Potong kepingan pucuk kemudian tutup dengan plastik kecil ikat dengan karet gelang. 
  5. Celupkan kepingan pangkal ke root boster (sejenis cairan stimulus akar, dijual di toko pupuk) atau sanggup juga gunakan air perasan bawang merah. 
  6. Tanam batang mawar tersebut pada tanah bercampur kompos. Siram sampai kelembaban 60 %. 
  7. Letakkan pot/ plybag di tempat yang teduh (tidak terkena sinar matahari langsung).
  8. Setiap hari, perhatikan sisi-sisi batang biar lebih terang terlihat pertumbuhan bakal tunas. 
  9. Perawatan sampai mawar tumbuh hanyalah penyiraman, siram setiap sore hari. 
Cara terbaik menanam bunga mawar ialah dengan stek dari tumbuhan induk yang berbunga besar Supaya Tanaman Bunga Mawar Cepat Tumbuh

Biasanya dengan cara dan langkah menanam bunga mawar diatas 90 % tumbuhan tumbuh dengan baik. Yang paling penting diingat ialah menutup potongan kearah pucuk dengan plastik, hal ini untuk mengurangi penguapan kadar air dari bibit batang mawar. Penguapan terlalu tinggi biasanya menjadikan bibit stek cepat mengering dan ini akan menggagalkan proses pembibitan. 

Demikianlah cara menanam stek bunga mawar yang sering penulis cobakan dan terbukti berhasil dengan baik pada bunga mawar, melati, bougenville, stek kembang sepatu dan lain-lain. Bahkan cara ibarat ini juga sanggup dilakukan untuk menstek cabe merah keriting. Semoga bermanfaat... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar