Cara Menyemai Biji Cabai | Menciptakan Dan Menanam Bibit

Menanam cabai dari biji kadang kurang efektif bila tanpa penyemaian terlebih dahulu, berikut ini beberapa hal laba dan kegunaan penyemaian;

1. Dengan menyemai kita bisa menerima bibit yang terseleksi dengan baik.

Salah satu kelebihan menanam cabai dengan terlebih dahulu melewati proses penyemaian ialah kita bisa menyeleksi bibit yang paling baik tumbuhnya. Berbeda bila kita eksklusif menanam biji pada lahan budidaya (media tanam), tidak ada proses seleksi hanya ada solusi menyisip bibit dari biji cabai yang cacat atau gagal tumbuh.

2. Teknik penyemaian sanggup mempercepat masa budidaya cabe.

Berdasarkan banyak pengamatan di lapangan, terbukti bahwa teknik semai yang baik sanggup mempercapat masa bertunasnya biji sampai tumbuh layak menjadi bibit tanaman. Biji cabai yang eksklusif ditanam pada lahan budidaya umumnya tumbuh lebih lambat.

3. Penyemaian sanggup menghindari kerugian akhir biji gagal tumbuh.

Tidak semua biji cabai bisa tumbuh dengan baik, selalu ada biji yang kosong tidak sanggup tumbuh menjadi tunas baru. Selain itu hama di dalam tanah juga sering kali menjadikan biji gagal tumbuh, sehingga petani harus melaksanakan penyisipan bila budidaya cabai dengan tanam biji (tanpa penyemaian). Kegiatan meyisip tumbuhan ini tentu akan menambah biaya produksi. Tahukah kita bahwa sebelum biji cabai tumbuh, petani sudah mengeluarkan modal yang banyak untuk persiapan lahan tanam (penyiapan lahan, pupuk dasar, pemasangan mulsa, dll) semua itu  lebih 1/2 dari biaya produksi total.



Oleh lantaran itu, setiap kali hendak menanam cabai sekala kecil (rumah tangga) maupun skala budidaya, sebaiknya terlebih dahulu dilakukan penyemaian. Berikut ini cara menyemai biji cabai biar tumbuh menjadi bibit yang baik:

1. Memeram biji cabe 

Menanam cabai dari biji kadang kurang efektif bila tanpa penyemaian terlebih dahulu Cara menyemai biji cabai | menciptakan dan menanam bibit

Sumber: Booklet no. 01 Good Agriculture Practice, Budidaya Cabai Yang Baik Dan Benar, Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementrian Pertanian Repoblik Indonesia. 

Urutan cara peram biji cabe:
  1. Langsung saja lubangi plastik (bungkus) benih, bila ingin disemai semuanya. Namun bila hanya ingin sebagian saja maka siapkan pastik kosong dan lubangi.
  2. Rendam benih dalam plastik dengan air hangat (bukan air panas) selama 8 jam
  3. Tiriskan dan bungkus dengan kain tebal lembab atau gulungan tisu atau kapas. Selebihnya ikuti panduan gambar diatas.



2. Menanam / menyemai benih cabai dalam media 

Menanam cabai dari biji kadang kurang efektif bila tanpa penyemaian terlebih dahulu Cara menyemai biji cabai | menciptakan dan menanam bibit
Sumber: sama dengan gambar sebelumnya.

Intinya; Tanam biji yang telah diperam pada media tanam (semai) biar lebih besar lengan berkuasa dan cepat tumbuh. Teknik ini sepenuhnya ada di booklet yang dibagikan PPHP Deptan. Berdasarkan logika, teknik semai ibarat ini juga sanggup diterapkan untuk menyemai bibit tanaman tomat hidroponik maupun non hidroponik, lantaran melaksanakan heat treatment pada biji intinya hanya bertujuan untuk mengaktifkan sel-sel pertumbuhan pada biji. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar