Menanam Kangkung Dari Belahan Akar

Saslah satu sayuran yang gampang dikembangkan di halaman rumah yaitu kangkung. Untuk mendapat bibit kangkung juga tergolong mudah, jikalau hanya untuk skala pakai sendiri cukup guakan sisa potongan akar kangkung dari pasar dan tanam dalam pot, tidak perlu secara khusus memesan bibit kangkung berupa biji.

Cara menanam kangung dari potongan akar
Maksud potongan akar disini yaitu sisa sayur kangkung yang kita beli dari pasar, pecahan batang bawah sampai akar tentu tidak ikut disayur atapi dibuang ke daerah sampah. Sisa potongan ini dapat ditanam kembali dan menghasilkan tanaman kangkung gres dan dapat dikembang biakkan bahkan untuk memproduksi bibit biji kangkung sakalipun.

Agar sisa potongan batang akar kangkung tumbuh cepat dan baik:
Sisakan potongan batang sepanjang 5 Cm
Isi pot tanaman dengan adonan pasir dan humus ditambah sedikit kompos bila ada
Tutup pecahan potongan kangkung dengan plastik ikat dengan karet
Tanam batang tersebut sampai seluruh pecahan putih (akar dan pangkal batang) tertutup tanah.
Siram pot dengan air higga kelembapan 60 %
Seminggu pertama tunas gres akan muncul

Ciri lembab 60% yaitu tanah terlihat lembap tapi jikalau pot diangkat tidak ada tetesan air. Toleransi tanaman kangkung terhadap air cukup tinggi, jadi walaupun terjadi genangan dalam pot biasanya kangkung darat tumbuh dengan baik, asalkan pecahan sayatan batang tidak terendam air. Untuk itu diharapkan menutup pecahan sayatan dengan plastik yang diikat karet.

Umur 2 ahad masa semenjak tanam, sudah dapat diberikan pemupukan pertama. Pupuk yang dipakai cukup NPK saja, beri dengan cara ditabur di sekitar permukaan tanah media tanam. Selain NPK kita juga dapat memberi urea. Pengendalian hama tanaman kankung cukup dengan manual saja, musuh/ hama utama tanaman kangkung hanya belalang. Kalau kita menanamnya di halaman rumah belalang cukup terkendali alasannya yaitu jarang sekali ada belalang di halaman rumah.

Jika ingin memelihara kangkung sebagai cikal pembibitan maka sebaiknya semprot juga tanaman dengan zat buah, dapat dibeli di toko pupuk pertanian. Biarkan saja kangkung tersebut sampai berbunga dan berbuah, panen buah sesudah berwarna kekuningan dan ambil bijinya untuk dijadikan bibit. Bibit biji kangkung ini dapat dijual baik secara online maupun offline. Saat ini usul biji kangkung cukup tinggi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar