Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan Tomat

Ada beberapa hasil penelitian yang menawarkan efek pupuk organik terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat. Salah satu hasil penelitian itu dapat anda di Jurnal AGRIFOR Volume XIV Nomor 1, Maret 2015 yang ditulis oleh Maryanto dan Abdul Rahmi dari fakultas pertanian Fakultas Pertanian, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Pada penelitian tersebut dilakukan percobaan kombinasi penggunaan 3 jenis pupuk organik yakni; sangkar ayam, sapi dan trikoderma. Untuk pembaca ketahui, trikoderma adalah; mikroorganisme sejenis jamur, dapat diisolasi dan sangat sering dipakai sebagai pupuk organik. Trichoderma SP cukup banyak dijual dipasaran, alasannya yaitu memang diaplikasikan secara luas untuk banyak sekali tumbuhan pertanian dan perkebunan. Salah satu teladan merek trichoderma yang dijual dipasaran yaitu Glio, Tricom-TM dan lain-lain. Harga pasaran Agen Trichoderma ketika ini sekitar Rp. 100.000/ Kg, tersedia juga dalam kemasan lebih kecil Rp. 10.000/ 100 gr.



Dari banyak hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan trichoderma sebagai pupuk organik jauh lebih efektif daripada penggunaan pupuk sangkar (baik sangkar ayam maupun sapi). Pada penelitian Maryanto dan bdul Rahmi tersebut terang terlihat bahwa dengan memakai trichoderma mereka menghasilkan berat buah tomat yang lebih besar dan berat jikalau dibandikang dengan hanya memakai pupuk sangkar sapi ataupun ayam.

Pupuk sangkar lebih cocok dipakai untuk pertumbuhan batang dan daun tomat, bukan untuk stimulasi pertumbuhan bunga dan buah. Bila ingin lebih efektif lakukan kombinasi pemberian pupuk sangkar dan trichoderma pada ketika yang tepat. Pada masa 2 – 4 ahad pupuk tomat dengan pupuk sangkar dan ketika 6 – 8 ahad beri trichoderma.

Berikut ini tampilan tabel hasil penelitian efek pupuk organik terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat tersebut:
Ada beberapa hasil penelitian yang menawarkan efek pupuk organik terhadap pertumbuhan Pengaruh pupuk organik terhadap pertumbuhan tumbuhan tomat

Yang distabilo hijau yaitu perlakuan dengan menggnakan pupuk sangkar ayam, dan stabilo kuning yaitu hasil dengan pemberian trichoderma terhadap tumbuhan tomat. Dosis yang menghasilkan buah terberat yaitu dengan pemberian pupuk organik 30 ton/ ha. Jika dihitung dengan hitung-hitungan irit maka perlakuan paling irit yaitu dengan pada takaran pupuk tomat organik 20 ton/ ha. Jika kita hanya ingin menanam tomat dalam pot di halaman rumah maka lakukan saja pemupukan dengan takaran terbaik. 



Demikianlah sekilas paparan ihwal efek pupuk organik terhadap tumbuhan tomat, lebih detail ihwal takaran pupuk, waktu pemberian serta jenis kombinasi yang sempurna dapat anda simpulkan sendiri dari gambar tabel diatas. Semoga bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar