Menanam Cabai Rawit Di Halaman Rumah

Persiapan menanam cabai rawit di halaman rumah  secara garis besar sebagai berikut; menentukan pot, persiapan media tanam, menentukan jenis cabai rawit, semai bibit, teknik menanam, perawatan sehari-hari berupa penyiraman, pemupukan dan pencegahan hama tanaman cabai rawit di   halaman rumah.
Persiapan menanam cabai rawit di halaman rumah Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah

Memilih pot untuk tanaman cabai di halaman:
Cabe rawit termasuk tanaman gampang tumbuh di mana saja, jadi wadah apapun dapat kita gunakan (pot, kaleng / bejana bekas, polybag dan atau tanpa pot sekalipun). bab bawah pot cabai rawit sebaiknya dilobangi (non hidroponik). Jika kita ingin menerapkan teknik hidroponik maka pot tiak perlu dilobangi.

Persiapan media tanam:
Non hodroponik: gunakan media tanam rawit dari adonan tanah humus + pasir + kompos dengan perbandingan 1:1:1. sedangkan untuk teknik hidroponik, media sudah niscaya air, untuk penopang akar/ batang dapat dipakai watu lempung, sekam, sabut kelapa, dan lain-lain.

Semai bibit :
Menanam cabai rawit di halaman rumah non hidroponih: penyemaian bibit sebaiknya eksklusif dilakuka di dalam pot media tanam. Tabur beberapa benih di atas media tanam, tunggu sampai semuanya bertunas dan tumbuh, seleksi bibit; pilih tanaman cabai rawit muda yang paling banyak daunnya dan sisanya dapat dipindahkan ke pot lain atau dibuang.
Bibit cabai rawit hidroponik sebaiknya disemai di tanah, sesudah umbuh setinggi 5 cm gres dipidahkan ke media tanam.

Perawatan sehari-hari:
Pemupukan: dilakukan di ahad pertama sesudah cabai sudah dipisah-pisah (1 setiap pot). Pupuk yang digunakan; urea saja. Pemupukan selanjutnya dilakukan seminggu kemudian, pupuk tanaman cabai rawit cukup Urea + NPK + TSP. Pemupukan dilakukan dengan teknik cor (larutkan pupuk dalam air, kemudian disiramkan ke media tanam).
Pengairan: Cabe rawit di halaman rumah harus disiram setiap hari, khususnya jikalau hari tanpa hujan. Penyiraman dilakukan di sore hari.
Penyemprotan hama: Dilakukan jikalau perlu saja, biasanya hama cabai rawit di halaman rumah hanyalah kutu daun saja. Bila masih dapat ditangani dengan manual (dibuang denga tangan) maka tidak perlu dilakukan penyemprotan pesetisida.
Penyemprotan zat daun buah dan bunga: Bisa dilakukan untuk menghasilkan cabai rawit yang berdaun dan berbuah lebat.

Itulah sekilas cara menanam cabai rawit di halaman rumah yang sederhana. Kami juga menjual bibit cabai rawit secara eceran dengan harga Rp. 15.000/ paket, juga tersedia root boster dan pupuk butiran. Informasi lengkap hubungi 0858 3759 9050 (telp/ sms) 0856 6222 372 (WA).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar