Memberi Pupuk Npk Flora Cabe

Cara memberi pupuk npk pada tumbuhan cabai sederhana; perhatikan tabel berikut ini:
Cara memberi pupuk npk pada tumbuhan cabai sederhana Memberi Pupuk NPK Tanaman Cabe
Sumber: Booklet no. 01 Good Agriculture Practice, Budidaya Cabai Yang Baik Dan Benar, Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementrian Pertanian Repoblik Indonesia.



Sebagai awam, mungkin kita akan kebingungan memaknai gambar tabel diatas, terutama kapan itu fase vegetatif pada tumbuhan cabai dan kapan pula fase generatif? Untuk itu, berikut kita jelaskan biar sistem pemupukan cabai pada tabel diatas sanggup diaplikasikan dengan baik dan benar.

Fase Vegetatif tumbuhan cabe: pengertian vegetatif disini ialah masa pertumbuhan, kapan masa vegetatif itu? Mulai semenjak tanam sampai mulai muncul bunga. (jelas ya?). Adapun jumlah pupuk NPK yang diberikan pada masa pertumbuhan menurut tabel diatas ialah 10 gram/ Liter air, diberi 250 cc per batang cabe, pemupukan pertama dengan sistem kocor ialah 15 hari sehabis tanam (HST)

Fase Generatif tumbuhan cabe: Fase generatif sering juga disebut fase produksi, mulai semenjak muculnya bunga sampai tumbuhan cabai mati. Dosis pinjaman pupuk NPK di masa ini harus ditingkatkan menjadi 10 –15 gram/ liter air, dan diberi 250 cc / batang tumbuhan cabe. Pada umur 50 – 65 hari dan 115 hari pemupukan dilakukan dengan sistem tabur butiran NPK(tugal) dengan takaran 1 sendok makan per batang cabai (sesuai sumber diatas).

Apa itu sistem MPHP pada budidaya cabe? MPHP itu hanyalah kepanjangan dari Mulsa Pelasitik Hitam Perak. jadi maklum sajalah, peneliti kita memang kadang sok menyingkat-nyingkat kata biar keliatan keren, bikin booklet juga pake istilah ilmiah, gimana petani sanggup ngerti?

Inti kesimpulan memberi Pupuk NPK pada tumbuhan cabe:
  • Masa vegetatif (pertumbuhan/ semenjak tanam di mulsa sampai berbunga). Jenis NPK yang diberi ialah NPK 16:16:16/ 8:15:19 atau 10:20:20, dengan takaran dilarutkan 10 gram / liter air dan diberikan secara kocor 250 cc per batang tanaman, hal ini juga berlaku untuk pupuk tumbuhan tomat.
  • Masa generatif (mulai berbunga sampai habis panen cabe). NPK dilarutkan dengan takaran 10-15 gr/ liter air, dan dikocor sebanyak 250 cc per batang.
  • Umur 50-65 hari dan 115 hari NPK ditabur 1 sendok makan perbatang cabe.
  • Pemberian pupuk dilakukan 10 –15 hari sekali.



Demikianlah cara pinjaman pupuk NPK pada tumbuhan cabai menurut boolet Deptan, kalau ada yang masih ragu atau kurang paham silahkan ditanyakan melalui form di bawah, kalau ada yang ingin mendapat booklet tersebut silahkan melampirkan alamat email.  Semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar