Alat Pencungkil Kelapa Manual Yang Memudahkan Petani

Hai sahabat petani, kalau Anda yaitu petani kelapa, niscaya sesekali atau bahkan harus berurusan dengan mencungkil kelapa setiap harinya. Ya jelas, namanya petani kelapa, masak mencungkil mesin ATM he he he..

Sahabat, perlu Anda ketahui kebanyakan petani di kawasan Sulawesi tengah memanfaatkan hasil panen kelapanya untuk dijadikan kopra. Kopra yaitu kelapa yang dijemur, lalu umumnya dijual dengan harga per KG kepada pembeli kopra sehabis kering.

Nah, untuk menciptakan kopra inilah dibutuhkan yang namanya proses pencungkilan kelapa terlebih dahulu. Tentu itu harus dilakukan, semoga kelapa sanggup dijemur dan dijual tanpa melengket pada tempurung dan kulitnya.

Untuk mencungkil kelapa, kebanyakan petani di sini memakai alat pencungkil kelapa manual yang biasanya disebut "cungkilan". Memang alat ini sangat sederhana, akan tetapi dengan adanya alat khusus ini, petani akan dimudahkan dalam aktifitas pencungkilan kelapanya. Sebab, sangat sulit mencungkil kelapa dengan alat lainnya yang tidak didesain khusus.

Alat Pencungkil Kelapa
Hal yang menciptakan cungkilan gampang dipakai adalah, bentuknya yang melengkung yang diubahsuaikan dengan bentuk tempurung kelapa yang cekung. Ini dimaksudkan semoga mata cungkilan yang tajam sanggup menjelajah hingga ke tempurung cuilan dasar.

Bentuk Melengkung
Mungkin bagi Anda yang pertama kali mencoba, akan cukup kesulitan memakai alat ini. Dan untuk membantu kesulitan Anda, sebelumnya saya telah menciptakan goresan pena wacana cara mencungkil kelapa dengan mudah. Pada goresan pena tersebut saya persembahkan khusus bagi pemula yang ingin mencoba wacana cungkil-mencungkil kelapa.

Entah sudah ada atau belum wacana mesin pencungkil kelapa yang modern, tapi yang terang petani masih memakai alat manual ini untuk bekerja. Pasalnya harga yang cukup murah, gampang dibawa, serta tidak memerlukan perawatan ekstra yaitu kelebihan yang menciptakan petani memilihnya.

Selain itu, fasilitas untuk menggunakannya juga perlu diperhitungkan. Sebab dengan bentuknya yang khas ditambah keahlian penggunanya, maka untuk mencungkil kelapa yang cukup banyak pun sanggup dilakukan dengan waktu yang lebih cepat.

Saat ini, saya juga memakai cungkilan menyerupai itu. Apakah Anda juga? kalau iya silahkan bagikan di sini pengalaman mencungkil kelapa dari Anda. Demikian goresan pena saya wacana alat pencungkil kelapa manual yang memudahkan petani, semoga bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar