Cara Mengatasi Hama Ulat Pada Bayam

Hai sahabat petani, bila Anda telah menanam bayam dan membudidayakannya, maka salah satu hama yang paling banyak menyerang bayam Anda ialah ulat. Akibat yang ditimbulkan dari ulat-ulat tersebut sangatlah buruk, dimana daun bayam yang digerogoti akan menjadi rusak.
 
Daun bayam rusak lantaran ulat
Jika hama ulat tidak segera dicegah dan diatasi, maka kemungkinan yang lebih jelek akan terjadi. Bisa-bisa Anda hanya akan memandangi flora bayam Anda, yang sudah tidak sanggup dijual lagi jawaban kerusakan yang semakin parah.

Nah, bila demikian siapa yang rugi? Ya terang Anda, alasannya ialah Anda tidak sanggup mendapat hasil dari jerih payah Anda dari bayam yang Anda budidayakan sendiri. Oleh alasannya ialah itulah Anda perlu mengetahui cara mengatasi hama ulat pada bayam, semoga kerugian tersebut sanggup teratasi.

Baiklah, tak panjang lebar lagi inilah cara mengatasi ulat di daun bayam.

1. Siapkan pestisida

Untuk membunuh dan mengusir ulat pada bayam, kita perlu pestisida semoga kesudahannya maksimal. Sebenarnya penanganan secara organik sih berdasarkan saya lebih bagus. Cuman lantaran saya belum tahu caranya, maka kita gunakan pestisida kimia dulu. Nah, pestisida yang sering saya pakai ialah marshal 200EC menyerupai pada gambar di bawah.
 

Pestisida ini harganya hanya 13 ribuan di tempat saya. Isi higienis 100 ml, dan sanggup digunakan berkali-kali kok!

2. Siapkan alat penyemprotan

Yang kedua ialah siapkan alat penyemprotan hama. Tapi saya tidak mau tahu apakah Anda beli sendiri atau meminjam kepada tetangga Anda he he he...

Ada dua jenis alat penyemprotan ini. Ada yang berbahan plastik, ada juga yang berbahan stainlees. Yang terang semua sama saja asalkan Anda mengetahui cara memakainya. Kalau saya sih menggunakan yang stainlees saja, kebetulan hanya itu yang saya miliki.

 

Alat penyemprotan inilah yang akan kita gunakan untuk menyemprotkan pestisida ke daun-daun bayam semoga kesudahannya merata.

3. Pengisian air ke dalam alat penyemprotan

Sekarang silahkan isi tangki penyemprotan hama Anda dengan air higienis hingga hampir penuh. Tapi ingat ya, jangan hingga penuh. Setelah itu masukkan satu setengah tutup kecil botol marshal ke dalam alat penyemprotan tadi.
 

Tunggu sekitar 30 detik, semoga pestisida menyebar dan tercampur merata dengan air. Nah, sesudah itu silahkan tambahkan air ke dalam alat penyemprotan tadi hingga penuh. Selanjutnya tutuplah lubang pengisian air pada tangki penyemprotan Anda dengan rapat, dan kocok-kocok tangki tersebut semoga pestisida sanggup tercampur dengan semua air.

Lakukan penyemprotan untuk pengetesan. Jika air yang keluar telah berwarna putih, berarti Anda tinggal melaksanakan penyemprotan.

Tips sebelum menyemprot flora :

-Gunakan celana panjang, baju lengan panjang dan sepatu booth
-Gunakan masker dan bila diharapkan epilog muka dan kepala

Ingat, pestisida ini juga sanggup meracuni insan lewat mulut, pernapasan dan pori-pori kulit. Oleh lantaran itulah Anda harus waspada.

4. Penyemprotan

Nah, sesudah persiapan-persiapan telah komplit, sekarang saatnya untuk "take action". Maaf ya sahabat, kan petani juga boleh dong pakai bahasa gaul he he.. Oke, selanjutnya basmi seluruh hama pada bayam Anda dengan menyemprot daun serta batangnya hingga merata.
 

Intinya kalau daun bayam sudah terlihat basah, berarti pohon bayam tersebut sudah cukup diberi pestisidanya. Pindah pada bayam-bayam yang lainnya, hingga penyemprotan ini selesai.

O iya, cara ini bukan hanya untuk membunuh saja lo sahabat, tapi juga membunuh hama bayam lainnya menyerupai belalang, rerespo dan masih banyak lagi.

Sekarang, selamat bereksperimen! Dan cukup sekian dulu goresan pena saya perihal cara mengatasi hama ulat pada bayam, semoga bermanfaat.. Salam pertanian..!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar