Mengenal Pisang Simpanse Atau Pisang Hutan

Pada goresan pena kali ini, aku akan memperkenalkan kepada Anda sebuah pisang yang tumbuhnya di hutan. Mungkin ada diantara Anda yang pernah mendengarnya ataupun melihatnya secara langsung.

Tapi tidak dilema Anda sudah tau wacana pisang ini atau belum, yang terang aku akan menceritakan sedikit wacana buah yang disukai simpanse ini.

Makara pisang yang aku maksud ialah pisang simpanse alias pisang hutan. Entah mengapa, buah ini diberi nama menyerupai itu oleh warga di kampungku. Tapi jikalau dilihat dari logika, tidak heran jikalau dijuluki pisang monyet, lantaran pisang ini ialah masakan simpanse di hutan. Sedangkan mengapa dijuluki pisang hutan, ya lantaran tumbuhnya di hutan.

Saya pertama kali melihatnya waktu masih kecil dulu, ketika diajak ke kebun oleh bapak. Namanya anak-anak, niscaya heran melihat pisang yang hidup di hutan ini. Namun selama itu aku tidak pernah tau kalau jenis pisang ini ternyata sanggup berbuah.

Sampai suatu hari, aku mendapati sendiri bahwa pisang ini juga sanggup berbuah. Lagi-lagi aku heran, dan eksklusif menebang pohonnya untuk mengambil buahnya yang telah matang. Saya semakin heran lagi ketika melihat dagingnya yang dipenuhi biji. Ya.. benar sekali bahwa hampir tidak ada yang sanggup dimakan, lantaran Anda hanya akan melihat biji-biji yang memenuhi daging pisang simpanse ini.


Tapi untuk rasa, aku pernah mencobanya dan rasanya sangat manis. Tidak kalah dengan pisang raja dan pisang ambon. Cuman ya itu tadi, cara mengkonsumsinya hanya di hisap-hisap lantaran tidak sanggup ditelan akhir banyaknya bijinya.

Pisang ini banyak dijumpai di pegunungan Sulawesi Tengah. Untuk di tempat lain, aku tidak tau, lantaran aku tidak pernah berkunjung ke Propinsi lain untuk mencaritahunya.

Lihatlah gambar di bawah ini, yang merupakan gambar pisang hutan di kebun bapak yang sempat aku foto-foto.


Memang masuk akal juga dijuluki pisang monyet, lantaran lihatlah pada tangkai bunganya, sangat panjang dan menyerupai sekali dengan ekor monyet.

Untuk nama yang sebenarnya, aku kurang tau sih. Bisa jadi di satu tempat dengan tempat lainnya, pisang ini mempunyai nama dan julukan yang berbeda. Jadi, apa nama pisang ini di tempat Anda? Apakah sama dengan di tempat aku menyerupai yang aku tulis ini? Silahkan bagikan melalui komentar. Terima kasih..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar