Menanam Daun Bawang Dalam Pot Gampang Sederhana

Cara menanam daun bawang dalam pot sama dengan perlakuan pada budidaya daun bawang skala b Menanam daun bawang dalam pot gampang sederhana
Cara menanam daun bawang dalam pot sama dengan perlakuan pada budidaya daun bawang skala besar, sanggup dilihat di sini. Daun bawang sangat gampang dibudidayakan, perkembangan anak tudas cukup cepet sehingga tumbuhan ini gampang diperbanyak. Bibit daun bawang dijual murah di pasaran, bila anda sempat pergi ke pasar pertanian akan anda temukan banyak. Harga pasaran bibit daun bawang bundar maupun pipih sekitar Rp. 5000 - 10.000 / 100 batang.



Bila kita ingin menanam daun bawang dalam pot, tentu tidak membutuhkan bibit banyak. Untuk itu cukup ambil saja pangkal daun bawang sisa di dapur dan di kembangkan / ditanam sebagai bibit. Sisa pangkal ini sanggup berkembang dengan baik selama kita memberi perawatan yang tepat. Bahkan jumlanya akan berkembang dengan pesat.

Cara menanam daun bawang dalam pot

Siapkan wadah dan media tanam daun bawang.

Untuk wadah sanggup memakai pot tanaman/ kaleng bekas/ bejana bekas ataupun polybag. Media tanam sanggup memakai tanah humus dicampur dengan pasir dan kerikil. Komposisi media tanam ini 2 : 1 : 1, dimana 2 bab yaitu tanah humus, 1 bab untuk pasir dan kerikil. Bila kita ingin menanm daun bawang secara hidroponik maka media tanam yang dibutuhkan yaitu benda padat yang sanggup menyerap air, misalnya; kerikil apung, serbuk gergaji / kayu, serbuk bambu, sekam, jelly, sabut kelapa dan lain sebagainya.



Penanaman bibit daun bawang

Menanam daun bawang dalam pot sangat mudah, untuk bibit kita cukup mengambil sisa pangkal daun bawang di dapur dan menanamkan pribadi di pot / polybag. Bahkan pangkal yang tanpa akar sekalipun sanggup tumbuh dengan baik. Daun bawang memang termasuk tumbuhan yang gampang dikembang biakkan. Biasanya daun bawang dalam pot pertumbuhannya tidak sebagus di lahan pertanian, hal ini lantaran kita juga memperlakukannya seadanya saja. Kebanyakan kita jarang sekali melaksanakan pemupukan dikala menanam daun bawang, bahkan sesudah tumbuh sekalipun.

Pemupukan dan pengendalian hama daun bawang

Menanam daun bawang dalam pot harus tetap diperlakukan selayaknya budidaya, dimana acara pemupukan dan pencegahan hama merupakan acara wajib. Pupuk yang diberi yaitu Urea + TSP, jikalau ada pupuk organik juga cukup baik untuk perkembangan daun bawang. Gunakan secukupnya, dosis pupuk cukup 1 sendok makan per pot tumbuhan diberikan 1 kali seminggu dengan cara di cor.

Hama utama daun bawang hanyalah ulat daun, untuk daun bawang dalam pot rasanya tidak akan hingga terserang hama ini. Hama ulat daun biasanya sanggup ditemukan di lahan pertanian saja, sanggup juga di kebun pekarangan rumah tapi sangat jarang. Oleh lantaran itu dalam hal menanam daun bawang dalam pot tidak perlu dilakukan penyemprotan pestisida (insectisida). Jika ingin disemprot cukup disemporot dengan zat daun saja.

Daun bawang bila dipelihara dengan baik, seharusnya sudah sanggup dipanen pada umur 110 hari baik pada lahan budidaya maupun tumbuhan dalam pot di pekarangan / halaman rumah. Namun bila tidak terlalu diperlukan, sebaiknya biarkan saja (tidak perlu dipanen) lantaran umur daun bawang sanggup bertahan cukup lama.

Demikianlah cara menanam daun bawang secara gampang di halaman rumah yang sanggup penulis sampaikan. Adapun pertanyaan ihwal teknis terbaik dalam hidroponik silahkan hubungi author melalui form mail dibawah artikel ini, baca juga artikel lainnya ibarat cara menam cabai rawit di pot agar kita sanggup lebih memahami konsep dasar tumbuhan dalam pot.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Daun Bawang Dari Biji

Mencangkok Pohon Mangga Biar Cepat Tumbuh Akarnya

Kelebihan Dan Laba Memasak Memakai Kayu Bakar